Langsung ke konten utama

Kemegahan Solo Keroncong Festival 2023


 Sabtu, 22 Juli 2023 - Perhelatan Solo Keroncong Festival 2023 hari pertama berlangsung ramai dan meriah. Bestie Keroncong offline sejumlah 12.904 memadati area Pamedan Pura Mangkunegaran sejak pukul 16.00 WIB. Acara dibuka dengan dance kontemporer dari SMA Warga Surakarta dilanjutkan dengan pembacaan pantun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia diwakili Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Ibu Ni Komang Ayu Astiti. Dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolis dengan membunyikan alat musik ukulele oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Bapak Aryo Widyandoko, Gubernur Deputi Senior Bank Indonesia Ibu Destry Damayanti, Perwakilan KGPAA Mangkunegara X GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disporapar Prov Jawa Tengah, Ketua HAMKRI Pusat Jakarta Bapak Mayjend TNI Purn. Sunindyo. Pembukaan juga disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemegahan SKF 2023 hari pertama bertaburan musisi keroncong kenamaan nasional seperti Orkes Keroncong Alunan Semut Ireng, Yan Vellia, Endah Laras, Woro Mustiko, Orkes Keroncong D'Sore' Se'eng HAMKRI Surakarta kolaborasi dengan penyanyi asal USA Hannah Marie Standiford, Orkes Keroncong Duta Jakarta, dan Paksi Band. Selain itu, terdapat penampilan dari musisi keroncong luar negeri yaitu Orkes Keroncong Maktab Sabah-Malaysia.



SKF 2023 yang dihelat di Pamedan Mangkunegaran telah menyuguhkan beragama inovasi dan kreasi. Sebelum acara dibuka dengan aktivity konvoi motor customs dari Loji Gandrung sampai Pamedan Mangkunegaran. Hari pertama juga diisi activity live mural, skateboard, dan BMX. Penyelenggaraan SKF 2023 tidak hanya berlangsung di Pamedan Mangkunegaran. Supporting stage di Koridor Gatot Subroto diisi dengan penampilan Orkes Keroncong Sawunggaling dan Supporting stage Jagad Keroncong Nusantara di panggung Gesang Kulonuwun Kopi dan Performance Orkes Keroncong Gumegrah di supporting stage Pamedan Mangkunegaran.




Gemerlap SKF 2023 yang berlangsung pecah direspon positif oleh maestro keroncong sekaligus performer SKF hari ini. "Hari ini opening-nya bagus, musik keroncong variatif, penampilan dari delegasi mancanegara dan lokal keren. Harapan saya di hari kedua besok tambah ramai, lancar, dan meriah" ucap Bu Waldjinah.