Langsung ke konten utama

Intip Mie Gacoan Selalu Laris Manis. Apakah Pakai Penglaris ?

Siapa sih yang gak kenal Mie Sejuta umat ini ? Dari kalangan muda sampai tua ibarat gak ngemie gak yoii haha. Apalagi mienya yang gurih pedas nagihin kayak mie gacoan ini. Tak heran mengapa outlet olahan mie ini selalu ramai, karena memang dari segi harga dan rasa berani diadu dengan  mie dikelasnya. Ternyata mie gacoan ini sudah berdiri sejak tahun 2016 loh. Yang mana merupakan anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi. 

Mie Gacoan saat ini sudah membuka Lebih dari 20 outlet yang tersebar di kota Malang, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bandung, Cirebon, Bali dan akan terus melebarkan sayapnya di seluruh Indonesia sesuai dengan klaimnya yaitu Mie Pedas No. 1 di Indonesia. Sebenarnya apa rahasia Mie Gacoan yang membuat Orang Orang rela berbondong-bondong mengantri panjang di outlet ?

Oke mari kita beda satu persatu. Yang bertama, banyak diberbagai cabang yang masih menerapkan sistem antrean satu jalur. Antrean di sana dibuat satu jalur agar antrean mengular dan orang yang berlalu-lalang akan melihatnya sebagai sebuah resto yang sangat ramai. Ketika orang awam melihat antrean mengular dan sesak, ada rasa penasaran yang timbul. Rasa penasaran itu yang disasar untuk kemudian memunculkan Persepsi “Emangnya seenak apa sih, Mie Gacoan itu?. ”

Yang kedua, Memaksimalkan Sedikitnya Variasi Produk. Menu utama yang ditawarkan oleh Mie Gacoan adalah mie dan dimsum, sehingga mereka hanya perlu fokus terhadap dua jenis menu ini dan dapat mengembangkannya menjadi beberapa variasi. Contohnya pada menu mie di Mie Gacoan ada variasi Mie Angel untuk yang suka mie asin namun tidak pedas, Mie Setan untuk yang suka pedas  dan ada variasi Mie Iblis untuk yang suka mie manis dengan tingkat pedas yang dapat diatur sesuai selera. Cara ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan manu utama yang ditawarkan kepada target pasar. Langkah pertama yaitu dengan buat orang lain penasaran lalu buat ketagihan dengan menu utama. Selanjutnya jika sudah mulai terbiasa dengan menu utama ini, dapat memunculkan side dish atau variasi menu lainnya.

Jika melihat ke belakang, kesuksesan Mie Gacoan tidak bisa dilepaskan dari peran marketplace serta jasa pesan antar makanan. Harris membangun kerja sama dengan aplikasi Grab, Gojek, dan Shopeefood. Penjualan lewat sistem pesan antar ini diperkirakan menyumbang separuh dari keuntungan Mie Gacoan. Bahkan akhir akhir ini beredar video-video viral soal antrean mengular di gerai Mie Gacoan di tiap kota menjadi konsumsi publik. Di Twitter, orang berbondong-bondong membahas kenapa Mie Gacoan viral, hingga tak sedikit yang mengaitkannya dengan pesugihan Atau penglaris bisnis kuliner. Tidak ada yang tau pasti apakah ini benar adanya tapi nggak semua bisnis laris manis ituh perlu dianalisis secara metafisik yaa. Tapi menurut kamu iya gak sih ? Haha.