Langsung ke konten utama

Apa aja sih cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita ?


1. Menyediakan stok bahan sehat di rumah
Nah sobat dista! Biasanya saat musim hujan perut akan mudah lapar, tidak sedikit orang memilih untuk menunda makan dengan alasan menunggu hujan reda. Padahal menunda makan itu jelas gak baik buat kesehatan, nah biar kamu gak selalu nunda makan dan gak perlu kehujanan untuk membeli makanan, sebaiknya kamu menyediakan stok bahan makanan supaya saat lapar kamu bisa masak di dapur, selain lebih irit memakan makanan yang baru dimasak saat musim hujan pastinya bikin tubuh kita tetap hangat.

2. Mencuci Tangan dengan Air Bersih
Cuci tangan secara teratur adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan lohhh terutama dari batuk dan pilek selama musim hujan
Selain itu mencegah virus dan bakteri jahat lainnya sehingga penyakit tidak tersebar.
Pastikan untuk mencuci selama 20-30 detik dengan air hangat dan sabun antibakteri.

Jadi jangan lupa cuci tangan sebaiknya menggunakan air pada kran yang mengalir dengan benar perhatikan jari-jari, bagian bawah kuku, dan bagian atas tangan, bilas, pastikan selalu bersih ya.

3. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu. Meskipun masih diperdebatkan di kalangan dokter apakah vitamin C adalah obat untuk flu, mencukupi asupan vitamin C bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang flu
Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas agar kita tidak mudah jatuh sakit.

4. Konsumsi Air Hangat
Selain terasa nikmat, mengonsumsi minuman hangat di musim hujan juga sangat baik untuk kesehatan kita. Kita bisa mengonsumsi teh hijau atau cokelat panas. Selain itu, kita juga bisa mencoba semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat.

Cara tersebut bisa membuat kita tidak muda mengalami masuk angin atau infeksi yang bisa terjadi karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba.

5. Istirahat yang cukup
Nah ini penting ni sobat, apalagi yang bucin betah chat an sampai malem aduhh sekarang kurang kurangin deh gabaik buat kesehatan. hindari bergadang saat malam hari, ketika merasa ngantuk dan lelah sebaiknya kamu menyegerakan diri untuk beristirahat, pastikan tubuh mendapatkan porsi tidur yang cukup. Karena jika berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot.

6. Menjaga Kebersihan Rumah
Saat musim hujan kamu harus lebih rajin lagi membersihkan rumah, perhatikanlah kebersihan lantai, dapur, kamar mandi. Selain itu juga pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara supaya tidak pengap dan lembap.

Hindari menggantung pakaian selama berhari-hari supaya tidak menjadi sarang nyamuk.
Selain menjaga kebersihan di dalam rumah jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan pekarangan rumah.


7. Menjaga Kesehatan Usus
Dengan 70-80% dari sistem kekebalan yang berada di sepanjang saluran pencernaan, ada hubungan yang kuat antara mikrobiota usus dan kesehatan secara keseluruhan.

Sederhananya, ketika bakteri usus benar-benar seimbang, maka kamu memiliki populasi bakteri menguntungkan yang berkembang yang mendukung sistem kekebalan tubuhmu.
Carilah suplemen probiotik berkualitas untuk meningkatkan sistem kekebalan seluruh keluarga.

8. Perhatikan Asupan Makanan
Saat suhu dingin, kita cenderung mengonsumsi air dalam jumlah yang lebih sedikit karena kita tidak mudah merasa haus. Padahal, dehidrasi tak selalu ditandai dengan rasa haus. Jadi, tetaplah minum air meski kita tidak merasa haus.

Cairan adalah elemen penting bagi tubuh karena membantu kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, cukupilah kebutuhan cairan tubuh kita.