Langsung ke konten utama

BEDAH BUKU MENJERAT GUSDUR DEMA I IAIN SURAKARTA


Sukoharjo,24/02/2020. Kegiatan utama DEMA I IAIN Surakarta yang mengangkat forum bedah buku menjerat gusdur menjadi refleksi sejarah bagi kalangan kaum muda dalam memandang masa depan yang lebih baik yang bukan hanya dikaji untuk peristiwa sejarah akan tetapi juga mampu menciptakan sebuah peristiwa sejarah.
Buku menjerat gusdur yang ditulis oleh Virdika Rizki Utama yang berisi tentang data-data bagaimana proses pelengseran presiden gusdur di era orde baru yang dijadikan sebagai refleksi keritis sistem demokrasi yang ada di masa itu yang berbicara supremasi hukum yang terjadi dimana sistem yang diterapkan oleh presiden gusdur yang dianggap kurang sesusai dimasyarakat diantaranya pengahapusan fungsi-fungsi pemerintahan dengan memisahkah fungsi penting Negara anata tentara dengan polisi serta fungsi abri dalam peranan ekonomi dan politik, dalam hal ini dapat dijadkan sebagai penelusuran sejarah  dimasa lalu.
Histories yang menulis peristiwa penting  dimasa lalu  pada masa orde baru sampai masa reformasi dalam hal ini pembanding dari tulisan buku ini yaitu Assin wijaya M Ag. Dosen iain ponorogo yang juga menulis sebuah buku tentang menjerat para para pelaku polotik yang jug aberhubungan denagan apa yang dibahas di dalam buku ini diantaranya adalah persaingan politik yang kuat
Selanjutnya bapak rektor IAIN Surakarta mnegatakan dalam sambutannya yang berbicara tentang bagaimana kemudian system yang dianut berdasarkan islam dan juga gusdur selaku pelaku dalam sejarah yang ditulis adalam buku ini dapat menjadi arti penting dalam peristiwa yang akan datang 
Kedepannya selaku generasi  milenial yang menjadi harapan bangsa harus tau tentang sejarah demi refleksi sejarah yang dapat menjadi acuan dalam melangkah di masa berikutnya. Distafm taufik.