Penyelenggaraan Festival Komunikasi
Edukasi 2019 Dare to Express, Tuai Antusiasme Generasi Milenial Untuk Menjadi
Lebih Kreatif
Semarang- Rabu,
26 Juni 2019. Festival Komunikasi
dan Edukasi (KOMED) 2019 yang diadakan pada tanggal 26 Juni 2019 di
Auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang sukses menuai antusiasme
masyarakat Kota Semarang, khususnya para generasi milenial. Hal itu dibuktikan
dengan ramainya pengunjung festival yang memadati auditorium dan anjungan yang dipamerkan oleh mahasiswa
Ilmu Komunikasi Universitas
Semarang.
Festival KOMED tahun ini mengusung tema Dare To Express yang bertujuan agar para generasi milenial lebih berani dalam
mengekspresikan potensi yang ia miliki. “Dare to Express dipilih menjadi
tema penyelenggaraan festival KOMED Kedua
dengan tujuan mengajak siswa SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat untuk
mengekspresikan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki.” Tutur Zain Nugraha
Aji (20) ketua panitia acara Komed Kedua, Rabu (26/5/2019).
Festival ini diawali dengan seminar
motivasi dari Andreas Pasolympa , lalu dilanjutkan dengan Workshop serta coaching clinic dari 4 bidang ilmu komunikasi yaitu Fotografi ,
Jurnalistik , Public Relations dan Content Creative yang didukung oleh
pembicara profesional seperti Anto Motulz,
Archico Guiliano, Loecia Nhadilah Sannie, dan Faizal Rachman. Lewat
workshop dan coaching clinic tersebut
pengunjung bisa belajar bagaimana cara untuk mengasah kemampuan diri secara
kreatif.
Ketua
jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang Bp Fajriannoor fanani S.Sos,
M.I.Kom, mengatakan bahwa festival KOMED ini sangat memberikan kontribusi
penting untuk mengasah kreativitas mahasiswa dan generasi muda sekaligus sebagai bentuk pengaplikasian
teori-teori Ilmu Komunikasi
yang telah dipelajari. Beliau juga mengharapkan melalui
festival KOMED 2019 mampu menciptakan peluang kerjasama dengan berbagai pihak,
seperti instansi pemerintah, swasta, media dan berbagai komunitas yang menjadi
stakeholders Ilmu Komunikasi FTIK Universitas Semarang. (26/6)
Festival yang merupakan hasil kolaborasi
dari mata kuliah Fotografi , Internal Eksternal Public Relations , Management Acara, Management Public Relation dan Komunikasi
Pemasaran juga disemarakkan dengan pameran fotografi dan booth kuliner dari
mahasiswa. Selain itu, salah
satu rangkaian acara yang menarik dari Festival KOMED 2019 ini adalah adanya
kompetisi Kpop Dance Cover.
Antusiasme pengunjung semakin bertambah ketika para peserta mulai berkompetisi
menampilkan dance terbaiknya. Ditambah lagi dengan hadirnya bintang tamu yaitu Super
Miracle Dance Crew membuat
suasana semakin pecah dan meriah.
Festival KOMED
secara keseluruhan memberikan perhatian pada dunia komunikasi dan segala
perkembangannya terutama yang berkaitan dengan teknologi komunikasi yang
dibarengi dengan edukasi agar generasi muda mampu untuk memilah berbagai
kegiatan positif yang berkaitan dengan internet. Oleh karenanya
festival ini juga memberikan ruang bagi alumni Ilmu Komunikasi untuk terlibat
dalam sesi coaching clinic, untuk memberikan gambaran secara lugas
tentang komunikasi dan berbagai bidang ilmu yang dapat digeluti.
Festival ditutup dengan penampilan
spesial dari Bohemian Band yang berhasil membuat antusias dan suasana
kegembiraan peserta Festival Komed semakin memuncak, dengan lagu yang menggugah
semangat para peserta.