Langsung ke konten utama

Talkshow “Diseminasi Program Kegiatan Penyelenggaraan Haji dan Umroh 2019”


“Diseminasi Program Kegiatan Penyelenggaraan Haji dan Umroh 2019”

SUKOHARJO- Rabu (27/3) telah diselenggarakannya Talkshow “Diseminasi Program Kegiatan Penyelenggaraan Haji dan Umroh 2019” Acara ini dihadiri Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementrian Agama RI, Prof. Dr. Nizar, M.Ag. dan Rektor IAIN Surakarta, Dr Mudofir, M.Pd.
Acara ini dihadiri kurang lebih 500 orang yang diantaranya adalah dosen, mahasiswa serta masyarakat umum. Talkshow ini merupakan kerja sama antara Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta dengan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah KEMENAG RI.
Prof. Nizar menyampaikan kemajuan dalam penyelenggaraan program haji dan umroh dari tahun ke tahun. Diantara indikator kemjuan tersebut adalah peningkatan indeks kepuasan jamaah haji Indonesia, dari 84,85 pada tahun 2017, menjai 85,23 pada tahun 2019. Rektor dari IAIN Surakarta mengimbuhkan bahwa mahasiswanya siap memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji tersebut. Upaya nyata yang telah berjalan adalah telah dibukanya Prodi. Manajemen Dakwah, yang memiliki konsentrasi Manajemen Haji serta Pariwisata Islam.
Prof. Nizar juga berharap kepada alumni Manajemen Dakwah dapat memenuhi kebutuhan SDM di berbagai lembaga penyelenggaraan haji dan umroh baik di jajaran pemerintahan maupun di sektor swasta. Dia juga menambahkan bahwa lembaga penyelenggara haji dan umroh jaman sekarang masih diisi oleh SDM dengan latar belakang ilmu umum, sehingga masih berkemungkinan besar terjadi masalah dalam pelaksanaaan haji dan umroh.