Langsung ke konten utama

Konferensi Pers Mangkunegaran Jazz Festival 2019


Tradisional dan Modern Bersatu Padu

Surakarta, 13 Maret 2019. Telah berlangsung konferensi pers di Pendopo Mangkunegaran Suurakarta. Konferensi pers ini berhubungan dengan akan diadakannya Mangkunegaran Jazz Festival 2019. Puro Mangkunegaran mempersembahkan festival musik jazz pertama yang diselenggarakan oleh Kerajaan di Jawa yang menggambarkan akulturasi budaya modern dan tradisional. Festival ini akan menampilkan seni khas Pura Mangkunegaran, pertunjukan musik, berbagai macam pameran kuliner, dan berbagai workshop dari instalasi seni. Mangknegaran Jazz Festival ini mengacu pada keberhasilan “Road to Mangkunegaran Jazz Festival 24-25 November 2018” dengan perkiraan pengunjung 10,000 sampai 15,000 orang. Acara yang akan diselenggarakan di Lapangan Kavallerie-Artillerie Pamedan, Puro Mangkunegaran Solo ini bertemakan “SERAT WARAGASA (JIWA, RAGA, dan RASA)” yang akan diselenggarakan pada 29-30 Maret 2019. Acara ini benar-benar dipersembahkan oleh Mangkunegaran  untuk Masyarakat Solo dan sekitarnya, itulah alasan mengapa acara ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.
Mangkunegaran Jazz Festival 2019 akan dimeriahkan dengan kehadiran beberapa musisi nasional yang akan tampil seperti D’Masiv, Ardhito Pramono, Eva Celia, dan Jordy Waelauruw feat. Tommy Pratomo. Komunitas musik jazz lokal di Solo pun akan tampil turut memeriahkan suasana. Serta akan ada penampilan spesial dari sanggar tari Kinarya Soeryo Sumirat. Tidak hanya artis nasional yang akan memeriahkan acara, yang spesial dari Mangkunegran Jazz Festival kali ini akan mendatangkan musisi Jazz Internasional, yaitu Lianne La Havas. Lianne La Havas merupakan musisi Jazz berasal dari Inggris, ia sudah menghasilkan 2 album yaitu ‘Is Your Love Big Enough?’ dan ‘Blood’ dengan hits single ‘Unstoppable’.
Tidak hanya konser Jazz saja. Karena acara ini menggambarkan akulturasi budaya modern dan tradisional, maka akan diadakan pula Festival Kain Nusantara. Beragam kain dari berbagai daerah di Indonesia akan hadir dalam Festival Kain Nusantara pada 29-30 Maret 2019 untuk turut merayakan “Mangkunegaran Jazz Festival 2019” dan menjadi bagiannya di Pendopo Puro Mangkunegaran, Solo. (KA)