Langsung ke konten utama

Sidang Raya dan Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam




Sidang Raya dan Pemilihan Umum Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

(30 November 2017/ Surakarta) Sidang raya dan pemilihan umum mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam dilaksanakan mulai dari tanggal 21 november sampai 28 desember 2017. Di tanggal itu terdapat  serangkaian acara yang cukup banyak. Meliputi pemilihan HMJ, SEMA, DEMA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Saat ini 30 november sedang berlangsung acara debat calon ketua HMJ. Yang diikuti tiga kandidat dari jurusan Perbankan syariah(PBS),  dua kandidat dari manajemen bisnis syariah(MBS), dan dua kandidat dari akuntansi syariah(AKS). Masing-masing kandidat dengan penuh semangat menyuarakan aspirasinya kepada publik.
Serangkaian acara ini dibawahi oleh Pansus atau panitia khusus yang dibentuk khusus hanya untuk mengurusi semua ini. Angga Nur Cahya selaku ketua pansus menjelaskan bahwa semua calon dari tiga jurusan tersebut sudah melewati beberapa seleksi. Dimulai dari seleksi berkas yang sebelumnya sudah diumumkan apa saja berkas yang harus disediakan untuk mendaftarkan diri sebagai calon ketua HMJ.
Kemudian seleksi tes wawancara dengan dosen, disini hanya tersisa tujuh orang dari sebelas orang yang lolos seleksi berkas. Tiga orang diantaranya tidak lolos karena skor yang didapatkan belum mencapai kkm atau standart yang telah ditentukan dan satu orang mengundurkan diri. Seluruh kandidat calon ketua HMJ kemudian memasuki tahapan selanjutnya yaitu kampanye untuk mencari massa sebanyak-banyak nya sebagai pendukung. Kampanye  dilakukan mulai dari tanggal 27 november sampai 2 Desember  bisa melalui kampanye terbuka dan kampanye melalui media.
Setelah itu, terdapat hari tenang untuk semua calon katua HMJ tidak diperbolehkan melakukan kampanye lagi. Kemudian tanggal 4 Desember 2017 diadakan nya pemilu untuk para mahasiswa memilih calon ketua yang dijagokan, dengan cara mencoblos dan melalui syarat harus membawa KTM/KRS/Kartu Perpustakaan atau sejenisnya sebagai bukti mahasiswa aktif IAIN Surakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (ZS/AS)