Langsung ke konten utama

PBAK 2K17 Dimulai

IAIN Surakarta – Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dimulai hari senin (24/07). Diadakan di Lapangan Utama IAIN Surakarta mahasiswa mengikuti upacara pembukaan dengan resitasi yang sudah ditentukan DEMA Institut. Tepat pukul 07.00 WIB Rektor IAIN Surakarta bersama jajaran pimpinan rektorat dan dekanat dari empat fakultas membuka kegiatan PBAK 2017 dengan iringan marcing band dan janaka.
Tahun ini, Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) mengalami perubahan nama. Sebagaimana peraturan yang telah disahkan oleh Kementrian Agama, bahwa OPAK akan berubah menjadi PBAK. Bertemakan “Membumikan nalar kritis akademis” mahasiswa baru dibagi menjadi 150 kelompok dan Mentor Pendamping (MP) yang sudah ditentukan dengan lima tempat yang disediakan yakni Graha, Pascasarjana, Masjid, Rektorat dan Lapangan Futsal.

“Harapannya jargon tahun ini yaitu “SMART (Santun Moderat Akadmeis Responsif Terampil) “ dapat diimpkementasikan oleh mahasiswa baru yang akan memulai perkuliahan” Ujar Muhammad Nur Kholifah, selaku Ketua Panitia PBAK 2017. Oleh sebab itu panitia membuat sistem FGD (Fokus Group Discussion).” (Surono, Fadly)