Langsung ke konten utama

Seminar Tahsin Disambut Antusias Mahasiswa Solo


Surakarta- LDK (Lembaga Dakwah Kampus) IAIN Surakarta adakan Seminar Nasional Tahsin bertemakan “Menyongsong Generasi Gemilang Bersama Al-Qur’an” diadakan Rabu (30/11) di Graha IAIN Surakarta. Menurut pernyataan saudara Muhammad Hafizat selaku ketua panitia, “ Tujuan diadakannya seminar ini ada 3 hal. Yang pertama adalah untuk menumbuhkan semangat para peserta dalam belajara dan membaca Al-Qur’an. Kenapa semangat yang pertama ditumbuhkan ?. karena dengan memiliki semangat yang baik,seseorang akan memiliki dasar yang kuat dalam melakukan semua amalnya. Tujuan yang kedua adalah untuk mengingatkan kembali metode tahsin yang pernah dipelajari oleh para peserta atau memberikan ilmu baru mengenai beberapa metode yang belum sempat dipelajari. Dan yang terakhir panitia berharap,ilmu yang telah didapatkan pada seminar kali ini bisa dipraktekkan dan disebar luaskan. Karena ada hadist yang mengatakan ‘Sebaik-baik manusia adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya’,tegasnya ketika kami temui di ruang tunggu pembicara”.
Seminar tahsin ini mengundang dua orang pembicara. Yang pertama yaitu Muzammil Hasballah. Beliau adalah seorang hafidz Qur’an dan Qari’. Selain itu beliau juga berprofesi sebagai imam Masjid Al-Latif,Bandung dan Masjid Salman ITB. Beliau adalah lulusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB). Dan pembicara yang kedua adalah Edi Sumianto S.Pd.I. beliau adalah pemilik  Rumah Tahsin yang berlokasi di kompleks UMS.
Selain ada penyampaian materi dari kedua pembicara berkenaan dengan tahsin,diselingi juga acara penyerahan santunan anak yatim dan performens nasyid dari anggota LDK IAIN Surakarta angkatan 2016. Santunan anak yatim ini di berikan oleh LDK IAIN Surakarta bekerjasama dengan Laskar Sedekah. Santunan ini diserahkan langsung oleh Pembina LDK IAIN Surakarta H. M. Syakirin Al Gozaly, MA,Ph.d teman-teman Laskar Sedekah.
Jumlah keseluruhan peserta mencapai sekitar tujuh ratus orang yang berasal dari mahasiswa IAIN Surakarta dan  instansi sekolah juga perguruan tinggi di sekitaran Solo. Diantaranya UNS (Universitas Sebelas Maret), UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta),STMIK Kendal,Pondok Tahfidz,dan SMAIT Nur Hidayat. (MR)