Langsung ke konten utama

IAIN Surakarta Menjadi Tuan Rumah IPPBMM (Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa) ke-V se-Jawa



Dista FM- IAIN Surakarta melangsungkan kegiatan IPPBMM (Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa) dihari kedua jum’at (13/06) dimulai dari pukul 07.00-17.00 WIB. Para kontingen sudah bersiap dari asrama sejak dini hari. Dengan jumlah total 14 kompetisi yang masih diikuti oleh 527 kontingen dari PTAIN Se-Jawa. Kompetisi meliputi Bulu Tangkis, Volley, Futsal, Tennis Meja, Catur, Wall Climmibg, MTQ, MHQ, Kaligrafi, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Puisi, M2KQ, dan Menulis Essay.
Dengan semangat dan persaingan secara sportif para atlit mengikuti runtutan kegiatan yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh pihak panitia. Cabang perlombaan  bulu tangkis yang diadakan di gedung Sport Dum. Diawali dengan persaingan secara sportif dari kontingen STAIN Salatiga (Taufik H) melawan kontingen STAIN Jember (Abdul M). Dimenangkan oleh Taufik mengalahkan Abdul dengan score 21:15.
Cabang perlombaan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) yang dilaksanakan di Gedung Pasca Sarjana lantai 4 diikuti oleh 18 peserta perwakilan dari kontingen PTAIN Se-jawa dan dinilai oleh 3 Juri. Dengan sistem penilaian yaitu irama dan suara, lagu dan suara, serta tajwidnya.
Cabang perlombaan pidato bahasa inggris yang dilaksanakan di panggung depan gedung C kampus IAIN Surakarta diikuti oleh 8 peserta perwakilan dari setiap kontingen PTAIN se-Jawa. Kategori pemenang lomba yaitu putra dan putri, durasi waktu yang disediakan 7 menit, dengan tema “The Students Contributions Towards The Indonesia Developments Especially in Terms of Education Socials, Economic, Cultures etc.” Dari kategori putra dimenangkan oleh, juara 1 dari STAIN Salatiga, juara 2 dari IAIN Surakarta, dan juara 3 dari STAIN Jember. Sedangkan kategori putri yaitu, juara 1 dari IAIN Surakarta, juara 2 dari STAIN Kediri, dan juara 3 dari STAIN Salatiga.
Cabang lomba pidato bahasa Arab yang dilaksanakan di gedung Pasca Sarjana IAIN Surakarta diikuti oleh 14 peserta perwakilan kontingen dari PTAIN se-Jawa. Penilaian dari juri Bp.Abdullah Faishol ketua P2B IAIN Surakarta, Bp. Farhan Mujahidin kajur sastra arab UNS, dan Bp. Farhan Ghofur dosen syariah dan mudarits di Ma’had Ali Abu Bakar Surakarta. “Kegiatan ini bagus, dan diharapkan yang akan datang bisa lebih intensiv lagi karena ini adalah skill dasar yang harus dikuasai. Secara umum kualitas para peserta sudah baik”, ungkap Bp. Farhan, salah satu juri saat ditemui setelah usainya perlombaan.
Cabang perlombaan puisi yang berlangsung di Student Park Corner dimulai pada pukul 08.30 WIB. Lomba ini diketuai oleh Madona dari Teater Sirat IAIN Surakarta dan dipimpin oleh MC yaitu Syaiful Ahsani.  Dinilai oleh 3 juri yaitu Zusril S S.Ms Dosen ISI Padang Pajang, Bp. Gigok budayawan Solo dan Bp. Bandung Mawardi sastrawan ISIS. Lomba ini dikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari 6 putri dan 7 putra dari tiap-tiap kontingen PTAIN se-Jawa. Waktu yang disediakan 10 menit untuk mengekspresikan puisinya, yaitu yang terdiri dari 2 sesi. Pertama membacakan puisi wajib untuk putra “Gugur” dari W.S Rendra dan untuk putri “Kembali Tak Ada Sahutan Disana”oleh Abdul Hadi WM. Kedua yaitu membacakan puisi bebas yang sudah disediakan oleh panitia. Pemenang lomba puisi kategori putri yaitu juara 1 Kholifatul , juara 2 Mau’idzotul hasanah, dan juara 3 Nur Hikmah. Dan pemenang kategori putra yaitu juara 1 Nandang W, juara 2 Abdul Muhfid dan juara 3 Syaiful Umam.
Cabang perlombaan panjat tebing di arena wall climmbing depan gedung Student Center IAIN Surakarta diikuti oleh 18 peserta dari kategori Lead Putra dengan babak kualifikasi jalur A. Sebagai peserta yang masuk final ada Yousep Mahendra Aditama dari STAIN Purwokerto, Solihun dari STAIN Purwokerto, Muh. Muslihul Umam STAIN Pekalongan, Muh. Faizul Asror dari STAIN Kudus, Sartono dari STAIN Ponorogo, M. Alex Masrofi dari STAIN Kediri.
Cabang perlombaan MHQ yang melibatkan peserta dari PTAIN Se-Jawa berlangsung di Gedung Pasca Sarjana lantai 2 IAIN Surakarta. \Dengan 2 Kategori yaitu Hafidz 5 Juz dan 10 Juz sebagai syarat ketentuan yang harus dipatuhi oleh peserta. Kategori MHQ 10 Juz dinilai oleh 3 Dewan juri Nur Sholikin S.Ag , Zumrani Masyhuni S.Sos , dan M. Farchan S.Pdi yang ketiga sudah memiliki gelar Al-Hafidz. MHQ Putri juara 1 Rofiqotul Munifah dari STAIN Salatiga, juara 2 Henny Rohayati dari STAIN Ponorogo, juara 3 Hibbatul Muhimmah dari STAIN Kudus. Dan pemenang MHQ Putra yaitu juara 1 Mufti Hasan STAIN Purwokerto, juara 2 Agam Faid Ridlo dari STAIN Ponorogo, dan juara 3 Bima Archami dari STAIN Salatiga.
Dinilai juga oleh 3 Dewan juri untuk kategori MHQ 5 Juz yaitu Muh. Tarom M.Si, M.Pdi , Abdul Hamid Hawari Al Hafidz, Sufyan Jazuli Al Hafidz. MHQ 5 juz putri dimenangkan oleh, juara 1 Alimaliyatul Untsa dari STAIN Kudus, juara 2 Affaf Fadhilah Rofiah dari STAIN Kediri, juara ke 2 Nila Zulfa saadz dari Stain Jember. Untuk kategori putra MHQ 5 Juz. Juara 1 Mukhib Maulana dari STAIN Pekalongan, juara 2 Ali Subhan dari IAIN Surakarta, juara 3 Andri Winarko dari STAIN Salatiga. *wt